Mengatur sirkulasi keuangan perusahaan jadi hal penting di masa daya beli masyarakat sedang memasuki masa rentan.

Masa rentan yang dimaksud adalah situasi dimana daya beli masyarakat sedang menurun setelah periode Ramadan dan lebaran.

Dilansir dari berbagai sumber, kondisi makro ekonomi Indonesia saat ini sedang mengalami depresiasi rupiah dan lonjakan harga energi yang dapat memicu ”imported inflation” sehingga melemahkan daya beli masyarakat.

Kontan.co.id mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 diperkirakan masih akan mencapai level 5 persen seiring menggeliatnya perekonomian masyarakat di tengah hajatan pemilu dan momentum Ramadhan.

Namun, memanasnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah disinyalir akan berdampak terhadap daya beli masyarakat akibat inflasi barang impor dan gangguan rantai pasok global.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), produk domestik bruto nasional pada kuartal IV-2023 mencapai 5,05 persen secara tahunan. Sumber utama pertumbuhan tersebut berasal dari pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 2,55 persen.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai, memanasnya konflik Iran dan Israel akan memicu kenaikan harga minyak mentah dunia.

Dengan kondisi tersebut akan memberikan tekanan fiskal bagi Indonesia, karena kenaikan harga minyak akan membebani subsidi dan kompensasi energi.

“Naiknya tingkat inflasi akan menurunkan daya beli masyarakat yang akan berdampak pada pertumbuhan konsumsi rumah tangga,” tutur Josua kepada Kontan.

Situasi ini, tentunya harus disikapi oleh pelaku usaha secara bijak dengan mengatur sirkulasi keuangan agar keluar masuknya uang bisa tetap terjaga.

Salah satu cara ampuh mengatur sirkulasi keuangan di masa daya beli masyarakat yang sedang rentan adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi Accurate.

Accurate akan membantu Anda merencanakan pemakaian keuangan dalam periode tertentu sekaligus memberikan navigasi yang tepat dan akurat.

Keunggulan Accurate bisa diaplikasin ke segala bisnis dan mampu menyediakan 200 lebih, fitur-fiturnya juga lengkap, komprehensif dan fleksibel dapat menyesuaikan kebutuhan berbagai jenis industri.

Harga langganan Accurate juga kompetitif, jadi tunggu apalagi, segera langganan Accurate dengan mengakses link berikut ini: https://aplikasiakuntansi.id/